News
Loading...

TAMAN ALUN-ALUN KAPUAS | "Waterfront” nya Kota Pontianak

gambar : dok pribadi
Pontianak, sebagai ibukota provinsi Kalimantan Barat bukanlah kota yang terletak di pinggiran laut ataupun dikelilingi oleh pegunungan. Untuk itu akan sangat sulit untuk menemukan sarana rekreasi yang mampu melepaskan penat dari pekerjaan. Meskipun untuk jenis wisata sejarah dan seni budaya di kota Pontianak ini masih sangat kental dan terus dilestarikan.

Taman alun-alun Kapuas (korem) dibangun sebagai taman kota sekaligus salah satu tempat rekreasi di kota Pontianak. Kebanyakan masyarakat menyebutnya korem dikarenakan dulu di depan taman terdapat markas Korem, yang sekarang diambil alih oleh Kodam XII Tanjungpura. Di taman ini terdapat miniatur Tugu Khatulistiwa dengan hiasan air mancur, jogging track, tribun duduk untuk pengunjung, air mancur “menari”, dan sedang dibangung pula taman bacaan. Selain itu juga terdapat kapal wisata yang akan mengantar kamu menyusuri sungai Kapuas hingga melewati jembatan tol Kapuas 1. Di sebelah taman ini juga dapatt dilihat port penyeberangan ferry, yang menjadi salah satu pemandangan menarik jika berkunjung kesini.

Terdapat larangan berjualan di taman ini, sehingga kamu tidak akan menemukan kios-kios jualan. Tetapi kamu masih bisa menikmati cemilan ringan dan minuman dikarenakan terdapat “pedagang apung”. Layaknya pasar apung yang kamu ketahui, mereka berjualan menggunakan sampan pribadi yang telah mereka modifikasi menjadi kios mini. Mereka menyediakan berbagai minuman ringan atau air lidah buaya serta makanan ringan seperti sosis, snack, ataupun mi seduh. Larangan berjualan hanya terdapat di area taman, sedangkan di area sungai yang berbatasan langsung dengan bagian waterfront taman tidak dilarang.


Untuk kamu yang sedang berkunjung ke kota Pontianak, taman ini patut menjadi salah satu destinasi wisata apalagi di saat malam hari. Ketika malam hari taman ini semakin terlihat indah karena dihiasi aneka lampu hias, bukan hanya taman saja melainkan kapal wisata juga. Apalagi jika dikunjungi pada akhir pekan, terdapat banyak warga bahkan kamunitas yang datang. Kapal hias dan pedagang apung juga lebih banyak di akhir pekan disbanding hari biasa.

gambar : dok pribadi
gambar : dok pribadi
gambar : dok pribadi

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.