News
Loading...

5 Hal Yang Patut Dipertimbangkan Dalam Memilih Domain Website

newspontianak.com- Dalam membangun sebuah website, memilih domain yang tepat untuk sebuah situs yang akan kita buat adalah merupakan sebuah keharusan. Berikut 5 hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih domain yang tepat untuk sebuah website

1. Hindari Menggunakan Domain Gratisan
Yang paling pertama dan terutama hal yang harus diperhatikan adalah menghindari domain gratisan, kenapa? karena kebanyakan penyedia layanan hosting yang menyediakan domain gratisan tidak mendukung penuh atas hostingan domain yang kita inginkan, dan nama domain yang digunakan juga tidak familiar seperti berakhiran .TK .ML dan lain-lain.

2. Mengenal EMD dan Brandable Domain
Yang kedua adalah dianjurkan untuk tidak menggunakan domain Exact-Match-Domain atau EMD, EMD merupakan nama domain yang menargetkan keywords atau kata kunci di google. Sebagai contoh domain yang menggunakan EMD adalah caraflashingandroid.com. Walaupun maksud dan tujuannya agar dapat lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. Namun google sudah memperbaharui mesin pencarinya dengan menghapus EMD yang tidak relevan.

Ada baiknya kamu menggunakan Brandable domain, Brandable merupakan domain yang menitikberatkan kepada kualitas brand. seperti newspontianak.com ataupun facebook.com. Dibanding menggunakan EMD, alangkah lebih baik kamu bisa memainkan meta tag dalam HTML agar dapat diakses mesin telusur, ataupun menggunakan template yang SEO Friendly.

3. Pilih Ekstensi Domain Yang Umum Dipakai
Pada kasus ini, ekstensi yang digunakan pada umumnya adalah .com. Karena pada umumnya orang-orang awam menganggap ekstensi .com merupakan akhiran yang dipakai dalam sebuah website. Namun terkadang ekstensi .com sulit untuk dipakai mengingat sudah banyak yang mendaftarkan situsnya pada ekstensi ini. alternatif lainnya cobalah untuk menggunakan ekstensi .net .org ataupun .id/co.id apabila mempunyai dana lebih.

4. Kenali Tempat Mendaftarkan Domain
Hal ini merupakan hal yang paling penting dalam mendaftarkan domain kita ditempat yang terpercaya. Banyak jasa penyedia domain yang menyediakan pendaftaran domain berharga murah. Tapi ingat, jangan sampai salah memilih dan lihat harga yang ditawarkan apakah masuk akal atau tidak. Umumnya harga domain berekstensi .com sekitar 130ribuan. Salah satu penyedia yang admin rekomendasikan adalah rumahweb.com. Alasannya simple, sudah berdiri lama (2002) dan harga yang ditawarkan masuk akal.

5. Jangan Menggunakan Nama Domain yang Memiliki Merek Dagang/Trademark
Tips yang terakhir ini sangat penting mengingat penggunaan trademark orang lain, misalkan dalam hal ini kamu membuat nama domain gudangsoftwaremicrosoft.com. Jika diketahui oleh pihak microsoft, mereka dapat menuntut kamu atas pelanggaran hak paten. Jadi jangan coba-coba untuk menggunakan nama domain dengan merek dagang yang sudah terdaftar.

Itulah 5 Tips dari newspontianak.com mengenai hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih domain website. Jika kalian mempunyai alasan lain selain yang diatas dapat mencantumkannya dikolom komentar. Mari buat Indonesia menjadi lebih baik dengan melek teknologi!!

Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.