News
Loading...

Festival Meriam Karbit | Semarak HUT 245 Riuhkan Malam Pontianak

gambar : google
Pada tanggal 19-21 Oktober 2016 ini akan diadakan Festival Meriam Karbit dalam rangka HUT Pontianak ke-245, yang merupakan agenda ke-8 Pontianak Oktober Festival 2016. Venue yang digunakan untuk festival ini adalah jalan Yusuf Karim, daerah banjar serasan, Pontianak Timur dan dibuka pada pukul 15.30 WIB.. Untuk peserta, berasal dari kalangan pelajar SMA di kota Pontianak meskipun kelak ada pula yang berasal dari kalangan umum.

gambar : google
Festival meriam karbit sendiri adalah festival tahunan yang hanya ada di kota Pontianak dan biasanya diselenggarakan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri. Tradisi ini kerap kali menarik banyak wisatawan sehingga menjadi salah satu ikon wisata di kota Pontianak. Meriam ini bukan terbuat dari logam, melainkan terbuat dari batang pohon berdiameter hingga 60 cm.

gambar : google
Untuk biaya pembuatan satu buah meriam saja bisa mencapai Rp 10 juta, sehingga cukup jarang digunakan kecuali ada event tertentu. Dan jika tidak digunakan, maka meriam akan direndam di sungai Kapuas agar tetap awet sebagai penghematan biaya. Tentunya event ini akan ditunggu warga Pontianak berikut suara dentuman meriamnya yang membuat HUT ke-245 kota Pontianak akan semakin semarak.





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.