News
Loading...

Festival Arakan Pengantin | Ajang Eksplorasi Budaya Leluhur Dalam Upacara Pernikahan

gambar : harian Pontianak Post

Agenda berikutnya Pontianak Oktober Festival 2016 akan diadakan Minggu, 9 Oktober 2016. Kegiatan ini akan dimulai sejak pukul 06.30 pagi hingga selesai. Rute yang akan ditempuh untuk arakan pengantin ini mulai dari Museum Provinsi Kalimantan Barat menuju Halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak (Area Car Free Day). 

Delapan peserta arakan berasal dari beberapa kecamatan, instansi dan sanggar kebudayaan seperti Bank Kalbar, Pontianak Tenggara, Pontianak Selatan, Pontianak Kota, Pontianak Barat, dan Pontianak Timur. Tentu saja kegiatan ini akan dihadiri dan dilepas langsung oleh Walikota Pontianak. Setiap kelompok peserta terdiri dari minimal 30 orang yang terdiri dari sepasang pengantin, orangtua kedua mempelai, pembawa Pokok Telok, pembawa Pokok Pacar, barang-barang hantaran, serta tanjidor dan rebana. Hal ini adalah ciri khas turun temurun dari upacara pernikahan adat Melayu khususnya Kota Pontianak yang masih dilestarikan.

Selain Festival Arakan Pengantin, diadakan pula acara Nikah Bersama yang diikuti oleh 18 pasangan dari enam kecamatan di Kota Pontianak. Seluruh pasangan ini akan ikut diarak bersama rombongan arak pengantin melewati rute yang sama dan kemudian menikah di Masjid Mujahidin Pontianak dengan disaksikan Walikota Pontianak dan jajaran kepala SKPD. Biaya nikah dan rias pengantin ditanggung serta diberikan voucher menginap semalam di hotel berbintang untuk tiap pasangan.

*Dikutip dari berbagai sumber 

gambar : pontianak post

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.